Select Page

Hormati Ulama, Andre : Jangan Paksa Kiai Ma’ruf Berkmpanye Demi Elektabilitas

Hormati Ulama, Andre : Jangan Paksa Kiai Ma’ruf Berkmpanye Demi Elektabilitas

Jakarta – Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade menyayangkan pernyataan Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan yang seolah menyalahkan Kiai Ma’ruf Amin karena elektabilitas Joko Widodo tidak kunjung naik. Luhut menilai, hal tersebut lantaran Kiai Ma’ruf tidak aktif berkampanye.

Menurut Andre, Kiai Ma’ruf yang notabene sebagai ulama yang dijadikan Cawapres mendampingi Jokowi tidak sepantasnya disalahkan.

“Jangan paksa Pak Kiai Ma’ruf kampanye, hormati ulama. Pasti Pak Kiai Ma’ruf juga mengerti akan tugasnya sebagai Cawapres,” kata Andre dalam keterangannya, Rabu (12/12/2018).

Menurut Andre, tidak baik memperlakukan ulama hanya demi elektabilitas. Pasalnya kata dia, meskipun Kiai Ma’ruf sudah menjadi Cawapres namun sebagai ulama dia juga harus menjaga umat.

“Janganlah demi elektabilitas sampai menyuruh-nyuruh dan tidak sopan hingga ramai di media. Sebagai orang Indonesia, harusnya kita mengerti kultur ulama yang harus kita hormati,” ujar Andre.

Andre menambahkan, dengan umur Kiai Ma’ruf yang sudah di atas 70 tahun, seharusnya kubu Jokowi paham kapan Kiai Ma’ruf berkampanye dan kapan harus beristirahat.

“Beliau kan harus menjaga kesehatannya, apalagi kemarin dikabarkan sempat sakit kakinya. Nah ini yang harus diperhatikan, bukannya menyuruh beliau harus kampanye demi menaikkan elektabilitas,” kata Andre.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.